Sosial Media

Strategi Jitu WhatsApp Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi Jitu WhatsApp Marketing – WhatsApp merupakan platform messenger yang paling populer digunakan. Saat ini pengguna aktif whatsApp mencapai 1.5 milyar. Melihat target pasar yang begitu luas, tentu saja bisnis menyadari kekuatan pemasaran WhatsApp dan mereka mencari para professional yang dapat merancang dan Strategi Pemasaran WhatsApp untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.

Karena hingga saat ini whatsAPP belum terdapat tools khusus seperti rungan iklan, maka Anda harus lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan pendekatan pasar. Jika Anda mengguankan whatsAPp untuk bisnis, maka akan menghadapi beberapa keterbatasan berikut :

  • Akun Bisnis Anda akan sama dengan pengguna lainnya
  • Maksimal pengiriman pesan 256 pengguna WhatsApp (group)

Anda dapat menggunakan kelemahan whatsApp menjadi sebuah kekuatan pemasaran bisnis Anda. WhatsApp cenderung digunakan untuk personal (ponsel), sehingga dalam melaksanakan kampanye pemasaran Anda harus mencerminkan aspek pribadi. Berinteraksi seperti dengan teman, saudara atau orang mereka kenal, sehingga akan meningkatkan sebuah kepercayaan.

Jangan gunakan bahasa pemasaran facebook Ads atau Adwords pada whatsApp, mengapa demikian ?. Sudah tentu Anda akan diacuhkan. Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa penggunaan whatsApp lebih kepada ruang pribadi.

Ada  3 cara untuk dapat mengirimkan pesan text, gambar atau video, yaitu

Chat 1 to 1

Dengan cara ini, Anda dapat mengobrol langsung dengan pengguna lain yang terdapat pada daftar kontak ponsel Anda. Anda dapat mengirimkan text, gambar, menelepon, panggilan video atau hanya potongan audio kepada prospek.

Broadcast List

Anda juga dapat langsung melakuakn broadcast pesan menggunakan fitur broadcast. Untuk Broadcast ini fungsinya sama seperti BCC yang ada dalam email. Ketika pengguna melihat pesan Anda, maka meraka akan melihat seperti halnya pesan biasa.

Namun untuk broadcast ini maksimal hanya dapat mengirimkan pesan untuk 256 kontak saja. Sehingga bila lebih dari itu Anda harus melakukannya secara berulang-ulang.

Group

Sama seperti broadcast list sebelumnya, group pada whatsApp hanya bisa menampung 256 user. Semua orang dalam obrolan kelompok dapat berpadu dan juga melihat tanggapan orang lain.

Strategi Jitu WhatsApp Marketing

Karena whatsApp saat ini belum menyedikan ruangan iklan atau fitur bisnis apapun, sehingga Anda perlu inovatif dan menarik dalam melakukan pendekatan pemasaran WhatsApp Anda. Gunakan sentuhan pribadi dalam kampanye pemasaran yang memungkinkan konsumen merasa bahwa ia sedang berinteraksi dengan teman-teman mereka.

#1 Buat Persona Brand untuk Mengobrol dengan Pengguna dan Membangun Buzz

Membangun buzz adalah upaya menciptakan kondisi agar produk, layanan, perusahaan atau apapun yang akan anda launching menjadi perbincangan banyak orang. Anda dapat dengan memberikan sebuah quiz atau tantangan, yang mana bila mereka berhasil maka Anda mendapatkan sebuah hadiah atau penghargaan tertentu.

#2 Tawarkan Bantuan Langsung untuk Menginspirasi Penggunaan Baru untuk Suatu Produk

Anda dapat mengundang pengunjung mengirimkan nomor melalui website atau lainnya untuk menerima bantuan secara langsung dari pada professional. Contoh brand mayones, Hellmann di Brasil, mereka mengundang para pengunjung ke website untuk mengirimkan nomor telepon beserta dengan photo isi kulkas.

Mereka kemudian terhubung melalui WhatsApp dengan real chefs, yang muncul dengan resep menggunakan mayones Hellmann’s dan bahan lainnya di lemari es mereka. Chefs akan mengajari mereka melalui text, gambar ataupun video.

#3 Tawarkan Value yang Luar Biasa untuk Membangun Database Telepon

Anda dapat menawarkan sebuah value yang luar biasa dari layanan Anda, Contoh Anda memberikan sebuah saran dan layanan VIP untuk mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan baik.

#4 Tawarkan Konten atau Tips yang relevan

Anda dapat memberikan konten atau tips menarik yang masih berkaitan dengan bisnis Anda. Dengan begitu pelanggan akan semakin aware dengan brand bisnis Anda.

#5 Riset Konsumen

Tidak semua pelanggan atau konsumen sesuai dengan produk atau layanan Anda. Disini Anda wajib melakukan riset konsumen untuk mendapatkan engagement yang lebih baik. Jika Anda salah konsumen, sudah tentu pasti strategi pemasaran akan gagal.

Tools WhatsApp Marketing

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, saat ini whatsApp belum menawarkan tools untuk bisnis. Sehingga untuk cara diatas akan sangat efektif bila list database Anda masih sedikit. Namun jika list database Anda sudah mencapai ribuan hingga jutaan, tentu sangat tidak efektif bila harus mengirimkan pesan satu persatu atau broadcast list hanya ke 256 orang.

Untungnya saat ini banyak tools yang dapat Anda gunakan melakukan pesan blast kepada list database Anda. Meskipun Anda akan dimudahkan oleh tools tersebut, Anda harus pandai dalam menggunakannya. Sebab dalam pengiriman pesan di whatsApp masih terbatas (256 orang).

Sehingga agar tidak terblock oleh whatsApp atau tidak dianggap boot, Anda harus membagi-bagi list dalam melakuakn blast. Selain blast, tools ini juga dapat digunakan untuk membalas pesan secara otomatis dan lain sebagainya. Berikut rekomendasi tools whatsApp marketing yang dapat Anda gunakan.

#1 WA AUTO SENDER

WA Auto Sender ini cukup power full, Anda dapat mengirimkan pesan whatsApp ke 256 group sekaligus. Jika saja sebuah group memiliki 250 anggota, maka penawaran Anda akan dilihat 65.500 calon kustomer baru. Dan tentunya masih banyak lagi keunggulan dari Wa Auto Sender ini. Silakan kunjungi link berikut untuk mengetahui fitur-fitur lain dari wa auto sender : KLIK WA AUTO SENDER

#2 WA BLITZ

WA Blitz ini juga memiliki fitur Andalan, diantaranya Safe Limit Messaging yaitu pengiriman dibagi dalam periode pesan aman sesuai term on service whatsapp dan nomor sender tetap aman. Fast Speed Messaging yaitu Setting kecepatan pengiriman yang aman dari banned/blokir. Silakan kunjungi link berikut untuk mengetahui fitur-fitur lain dari wa blitz : KLIK WA BLITZ

Itulah 2 tools whatsApp marketing yang saat ini kami rekomendasikan. Bila terdapat tools lainnya akan kami informasikan kembali pada artikel ini.

Demikianlah pembahasan mengenai Strategi Jitu WhatsApp Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan. Semoga dapat membantu Anda dapat melakukan pemasaran whatsApp terbaik.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Turn Off AdsBlock

Please turn off your AdsBlock