Sosial Media

Marketing Instagram : cara meningkatkan penjualan di instagram

Cara meningkatkan penjualan di instagram – Instagram merupakan salah satu sosial media yang paling populer yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Lebih dari 1 milyar pengguna aktif saling berbagi informasi foto dan video melalui platform instagram. Sehingga banyak para pengusaha yang meningkatkan penjualan di instagram.

Selain sangat populer, berbagi informasi melalui foto dan video menjadi interaktif. Dengan adanya tren ini, membuat perusahaan untuk ikut melakukan strategi pemasaran didalamnya. Khususnya bagi Anda yang baru saja berkecimpung di dunia pemasaran instagram, maka harus banyak belajar instagram marketing. Agar dapat bersaing dengan para perusahaan yang memiliki budget tinggi untuk selalu melakukan promosi instagram.

Inilah tips yang harus Anda lakukan untuk dapat meningkatkan penjualan melalui instagram :

#1 Perbanyak Followers

Memiliki banyak follower merupakan salah satu syarat agar penjualan Anda bisa laris manis. Karena kekuatan sosial media instagram terletak pada follower, tentu akan menjadi sangat tidak mungkin untuk tidak memiliki followers.

Namun patut diingat, meskipun follower penting, Anda tidak boleh sembarangan dalam memiliki follower. Follower yang Anda miliki harus tertarget sesuai dengan pasar dari bisnis Anda.

Mendapatkan followers tertarget di instagram bukalah hal yang sulit seperti yang dibayangkan. Terdapat cara Gratisan yaitu melakukan follow unfollow akun instagram dengan niche yang sama dengan bisnis Anda.

Namun cara manual follow unfollow akan menghabiskan banyak waktu Anda untuk melakukan hal tersebut. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan tools yang otomatis dapat melakukan follow unfollow. Anda dapat menggunakan Gramcaster sebagai alat bantu dalam melakuakn management akun instagram bisnis Anda.

Gramcaster sangat mudah digunakan dan membuat akun anda berinteraksi secara organik 24 jam sehari, disesuaikan dengan target anda. Anda tidak perlu capek untuk follow, like, comment bahkan untuk mengirimkan DM. Karena semua akan dilakukan oromatis oleh tools ini.

Fitur terupdate & lebih lengkapnya silahkan cek sendiri melalui link berikut Link gramcaster

Trik mudah agar akun yang telah Anda follow tadi follow back adalah dengan cara melakukan gembok akun (privasi).

Dengan akun yang digembok, membuat orang lain penasaran dan mengharuskan mereka follow terlebih dahulu jika ingin melihat postingan Anda. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan follower tertarget.

#2 Buat Profil Menarik

Kesan pertama merupakan hal terpenting, dengan  kesan yang baik tentu akan membuat follower langsung  dapat mengenali Anda.

Buatlah detail informasi profi bisnis Anda semenarik mungkin. Dimanapun Anda berjualan, baik di Facebook, Website, atau Instagram. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat indentitas menarik dan sejelas mungkin. Lengkapi profil anda, identitas bisnis, alamat, info kontak, dan lain sebagainya.

Jika profil sudah lengkap maka instagram untuk bisnis siap dimaksimalkan dengan cara melakukan promosi.

#3 Fokus Dengan Niche

Niche merupakan hal yang terpenting dalam meningkatkan penjualan. Agar Anda dapat fokus maka sangat disarankan untuk menggunakan satu niche saja. Karena jika terlalu banyak maka akan sangat tidak fokus.

Misal Anda menjual produk perlengkapan bayi.

Buatlah akun yang spesifikasi sesuai dengan topik tersebut, bahkan jika diteliti lebih dalam lagi, niche perlengkapan bayi dirasa masih terlalu luas. Anda dapat mempersempitnya dengan perlengkapan pakaian bayi, perlengkapan tidur bayi, perlengkapan mandi bayi, dan lain sebagainya.

Intinya semakin akun instagram Anda fokus, maka akan membuat followers semakin mudah mengingat Anda, Dan tentunya penjualan semakin meningkat drastis.

“Jangan bergonta-ganti Niche karena akan menyebabkan tidak fokus”

#4 Manfaatkan Fitur Instagram

Untuk meningkatkan strategi marketing instagram, Anda harus menggunakan tools dari instagram untuk promosi gratis. Salah satu fitur yang sangat power full adalah siaran langsung.

Fitur siaran langsung akan menghubungkan Anda dengan pelanggan secara real time. Anda dapat dengan memperkenalkan produk terbaru, keunggulan, fasilitas dan lain sebagainya. Selain itu, fitur ini juga dapat digunakan untuk sesi tanya jawab.

Fitur lainnya adalah instagram story. Bila dalam sehari Anda memiliki banyak postingan maka bisa menggunakan fitur instagram story agar dapat dengan mudah memprosikan postingan gallery Anda tersebut. Namun patut diingat, bahwa postingan pada instagram story akan hilang dalam kurun waktu 24 jam.

#5  Posting Secara Teratur

Anda perlu melakukan posting secara teratur agar akun instagram Anda lebih dapat berinteraksi dengan customer. Namun Anda juga perlu menentukan waktu yang tepat dalam melakukan posting. Jangan pula selalu posting yang isinya selling selling dan selling. Sebab jika postingan selalu selling akan membuat follower Anda bosan.

Dari penelitian menunjukkan bahwa brand top di Instagram melakukan posting sekitar 10 hingga 11 kali per minggu. 

Meskipun tujuan utama adalah jualan (selling), namun konten yang diposting tidak harus selalu berkaitan dengan produk dan penjualan. Anda dapat melakukan mix posting, yaitu melakukan posting tips, testimoni, promo, bonus, nasehat, humor dan lain sebagainya.

#6 Posting Waktu Efektif

Ada waktu-waktu khusus dimana orang akan sering mengunjungi akun instagramnya.

Yaitu pada pukul 07:00 pagi, 12:00 siang dan 20:00 malam.

Itu waktu yang efektif untuk melakukan posting produk, tips dan lainnya di instagram. Namun pastikan untuk selling dikurangi agar followers Anda tidak bosan.

Tips lainnya adalah dengan posting selang-seling, contoh posting tips kemudian di ikuti dengan posting produk dan ditutup dengan posting lainnya.

#7 Gunakan Hastag Pada Posting

Penggunaan hastag atau tagar (#) akan membantu postingan Anda mudah ditemukan sesuai dengan pengelompokan hastag tersebut. Semakin tinggi tingkat penggunaan hastag, maka semakin luas pula jangkauan postingan Anda.

Namun pastikan menggunakan hastag yang relevan, agar target market sesuai. Karena tidak banyak yang salah menggunakan hastag hanya untuk mempopulerkan postingan tanpa melihat target market (niche) bisnis.

Jangan juga menggunakan hastag terlalu banyak, karena akan membuat tampilan posting Anda semakin tidak sedap.

#8 Soft Promosi (Promosi Halus)

Pada umumnya ketika orang melakukan promosi di instagram akan menggunakan hard promosi, yaitu akan menawarkan sebuah produk secara gamblang. Hard promosi akan bermasalah jika Anda gunakan terlalu sering. Karena calon pelanggan Anda akan menganggap dijualin.

Ingat !…………….  Pelanggan tidak ingin dijualin.

Cara melakukan promosi secara halus ini cukup mudah, namun Anda perlu memperhitungannya.

Contoh Anda ingin mempromosikan sebuah masker wajah. Maka Anda dapat dengan cara membuat video atau foto tentang penggunaan masker wajah. Disini Anda tidak fokus pada produk namun bagaimana cara penggunaan masker wajah dengan tepat.

Bila berbentuk video, maka Anda dapat meletakan produk yang dapat terekam oleh kamera. Namun pastikan tidak secara terang-terangan memposisikan produk tersebut.

Jadi intinya Anda memprosikan sebuah produk, namun produk tersebut tidak terlalu jelas dipromosikan. Karena fokus Anda pada sisi yang lainnya.

Jika pada pembahasan masker wajah tadi, Anda fokus kepada panduan penggunaan masker wajah yang baik atau lainnya.

#9 Bekerja Sama Dengan Influencer (Endorse)

Dalam marketing instagram tentu sudah tidak asing dengan yang namanya endorse. Pemilik online shop yang memiliki banyak keuangan menggunakan endorse untuk mempromosikan produk mereka.

Baca Juga : Cara Mencari Influencer Marketing Instagram Dengan Tepat

Dengan cara endorse akan lebih maksimal bila influencer tersebut sesuai dengan target market produk Anda. Manfaatkan pengaruh influencer terhadap para follower mereka sebagai batu loncatan promosi dan penjualan produk.

Demikianlah artikel Marketing Instagram : cara meningkatkan penjualan di instagram. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan produk melalui instagram. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat dan membantu Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Turn Off AdsBlock

Please turn off your AdsBlock