Sosial Media

Jenis Jenis Influencer Instagram

Jenis Jenis Influencer Instagram – Memiliki jumlah follower atau subscriber banyak merupakan salah satu kekuatan dari seorang influencer. Semakin banyak follower, maka kelas seorang influencer tersebut semakin tinggi.

Seorang influencer dapat memiliki follower diatas 10.000. Namun untuk ribuan follower tersebut merupakan follower organik alias murni. Dari jumlah follower tersebut, influencer terbagi atas beberapa jenis, mulai dari micro, macro dan mega influencer.

Baca Juga : Cara Mencari Influencer Marketing Instagram

Influencer bukan hanya seorang selebriti saja, melainkan juga dapat seorang travel blogger, fashion stylist maupun hanya seseorang yang mempu membuat konten menarik serta memiliki banyak follower.

Baca Juga : Pentingnya customer engagement bagi pertumbuhan bisnis

Untuk mengenal lebih jauh influencer, berikut ini adalah perbedaan dari 3 jenis influencer sebelumnya :

Jenis Jenis Influencer

Secara umum, influencer instagram itu terbagi atas 3, mulai dari yang paling terendah hingga tertinggi (selebriti).

Micro Influencer

Micro influencer merupakan influencer dengan engagement terbesar. Perlu diingat, semakin banyak follower (pengikut) maka semakin kecil engagement. Micro Influencer biasanya memiliki pengikuti sekitar 10.000 hingga 100.000.

Engagement dari Micro Influencer sekitar 25% hingga 50%. Dengan tingginya engagement membuat beberapa brand atau pengusaha mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan micro influencer.

Bagi Anda yang memiliki usah menengah atau pemula, maka sangat saya sarankan menggunakan micro influencer.  Selain biaya yang relatif murah, engagement yang dihasilkan juga sangat tinggi.  Dengan tingginya interaksi, maka akan semakin tinggi pula lead yang akan Anda dapatkan.

Macro Influencer

Macro Influencer merupakan jenis influencer yang kedua. Macro Influencer biasanya memiliki follower 100.000 hingga 1 juta. Berbeda dengan micro influencer yang memiliki postingan secara natural (acak), sedangkan untuk macro influencer dalam memposting lebih terencana dan rapi. Selain itu hanya menekuni pada bidang tertentu saja, seperti fashion, beauty, travel, dan lain-lain.

Namun jika dibandingkan dari sisi engagement, macro influencer hanya mampu menghasilkan sekitar 5% hingga 25% saja per-postingan. Meskipun engagement rendah, macro influencer mampu menjangkau 10 kali lipat orang dibandingkan Micro Influencer.

Artinya engagement yang didapatkan akan semakin rendah, namun yang melihat lebih banyak.

Jenis influencer ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membangun branding dengan biaya yang masih minim. Namun bila biaya yang Anda miliki cukup tinggi, maka bisa langsung menggunakan mega influencer.

Mega Influencer

Sedangkan untuk jenis yang terakhir adalah Mega Influencer. Pada umumnya untuk mega influencer dihuni oleh para selebriti atau artis dengan akun sosial media.

Secara normal, mega influencer memiliki follower diatas 1 juta. Dengan tingginya follower, maka jangkauan iklan juga akan semakin luas. Namun disisi lain, engagement yang akan didapatkan semakin kecil, yaitu antara 2% hingga 5% saja.

Jika Anda berinvestasi dengan mega influencer maka Anda harus benar-benar selektif dalam memilih. Bila salah memilih, maka investasi Anda akan sia-sia. Selain itu, tidak semua mega influencer menyukai produk yang Anda berikan.

Jangan hanya asal memilih influencer, namun Anda juga perlu menguatkan strategi pemasaran bahwa dengan menggunakan influencer adalah media terbaik untuk menjangkau pelanggan Anda

Demikianlah artikel Jenis Jenis Influencer Instagram. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari influencer atau endorse instagram. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat dan membantu Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Turn Off AdsBlock

Please turn off your AdsBlock