Sosial Media

Cara Optimasi Facebook Ads Agar tidak Boncos

Cara Optimasi Facebook Ads Agar tidak BoncosFacebook Ads merupakan platform yang saat ini masih menjanjikan, hal tersebut karena pengguna platform facebook yang begitu besar. Biaya iklan di facebook tergolong lebih murah dibandingkan bila Anda beriklan di Adwords (iklan google). Sehingga bagi usaha kecil akan sangat terbantu untuk menjangkau permirsa (audience) yang lebih besar namun dengan biaya terjangkau.

Tanpa melakukan optimasi pada saat akan dan sedang menjalankan campaign facebook Ads, sudah tentu pasti bukan conversi yang Anda dapatkan namun boncos / kerugian. Iya memang Anda perlu melakukan trial and error, namun tetap harus menggunakan strategi. Sehingga proses trial and error Anda memiliki tujuan yang jelas serta terukur.

Cara Optimasi Facebook Ads Agar tidak Boncos

Jualan tertarget di  Facebook Marketplace dengan Simpel Fb Marketplace
Simple FbMp Disini

Optimasi tentunya memiliki tujuan, dan mungkin berikut adalah tujuan utama dari dilakukannya optimasi pada facebook Ads.

  • Meningkatkan rasio klik tayangan iklan
  • Menurunkan biaya per klik kampanye iklan
  • Menjangkau lebih banyak audience dengan ROI (Return on Investment) tinggi
  • Menurunkan biaya per akuisisi (acquisition)
  • Meningkatkan hasil penjualan dengan anggaran iklan yang sama

Dan tentunya masih banyak lagi tujuan dari dilakukannnya optimasi pada ads. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tips atau cara optimasi facebook ads untuk memenuhi tujuan diatas.

Cara Optimasi Facebook Ads

Inilah 9 tips yang dapat Anda ikuti untuk mencapai kesuksesan campaign facebook ads :

#1 Optimalkan Like and Share iklan di facebook

Like dan share membuktikan interaksi secara natural, jika orang lain menyukai postingan Anda maka artinya postingan tersebut bermanfaat, bagus atau lainnya. Hal ini bisa Anda terapkan pada iklan produk menggunakan like & shared, untuk mengetahui seberapa baik produk yang Anda iklankan tersebut.

Saat menyiapkan kampanye iklan Facebook, Anda memiliki dua opsi, defaultnya adalah: membuat iklan baru untuk setiap set iklan dan kampanye.

Seringkali, opsi “Gunakan Postingan Yang Ada” tidak dipedulikan dan memilih untuk membuat iklan baru.

Untuk menggunakan metode like & share Anda tidak harus membuat iklan baru melainkan menggunakan postingan yang sudah ada.Cara yang sangat efisien untuk mengoptimalkan like & share iklan Anda.

“Gunakan Posting yang Ada” memberi Anda kesempatan untuk mengumpulkan semua keterlibatan posting kampanye dalam satu iklan.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana beberapa pengiklan memiliki ratusan atau ribuan suka di bawah kampanye Facebook mereka, kemungkinan mereka menggunakan cara optimasi yang sama.

Cara termudah untuk menyiapkan beberapa kampanye iklan menggunakan posting yang sama adalah mempublikasikan posting promosi terlebih dahulu di Halaman Facebook perusahaan Anda.

Selanjutnya, Anda dapat memilih posting ini setiap kali Anda membuat kampanye iklan baru atau variasi uji A / B baru.

#2 Menggunakan Metode FTO (Fast Take Off)

Terkadang, diperlukan beberapa hari sebelum Anda memiliki hasil kampanye yang cukup untuk mulai mengoptimalkan. Terutama ketika Anda bekerja dengan anggaran kecil, take-off kampanye dapat memakan waktu.

Sehingga dengan menggunakan FTO iklan akan semakin cepat dijalankan oleh facebook dan Anda juga dapat dengan cepat mendapatkan data yang diinginkan dalam waktu singkat. Dikutip dari bixbux.com, berikut cara implementasi teknik FTO (fast take off) :

  • Percaya dengan produk yang akan di pasarkan (termasuk dengan audience yang anda pilih)

a. Saat pertama membuat campaign hindari metode “Accelerated Delivery“, gunakan selalu “Daily” atau “Lifetime Budget“. Setelah itu set budget iklan melebihi anggaran yang Anda rencanakan, misalnya menaikan menjadio 200% hingga 500%. Ini akan membuat iklan Anda berjalan dengan cepat.

b. Anda tidak perlu menunggu 5-7 har untuk mendapatkan data, karena set budget iklan hingga 200% lebih. Namun dalam 48 jam Anda sudah mendapatkan data untuk dianalisa. Setelah mendapatkan 10-20k impresi, balikkan lagi budget campaign anda ke normal. Segera analisa.

Note : Biarkan facebook melakukan optimasi iklan Anda dalam 24 jam.

  • Kurang percaya dengan produk atau pertama kali menggunakan facebook ads

a. Anda dapat menggunakan anggaran iklan yang minim selama 3 hari pertama. Selama 3 hari tersebut algoritma facebook (learning algorithm) akan mempelajari demografi terbaik untuk iklan Anda.

b. Setelah 3 hari, naikan anggaran iklan 50% dari sebelumnya. Jalankan iklan selama 7 hari dan analisa untuk hasilnya. Tidak perlu khawatir bila tidak mendapatkan konversi di 3 hari pertama, namun khawatirlah bila tidak mendapatkan konversi setelah minggu kedua.

Setiap kali Anda membuat perubahan besar pada kampanye Anda, pertimbangkan untuk menunggu setidaknya 24-48 jam sebelum menarik kesimpulan.

#3 Optimalkan Jadwal Iklan

Apakah kampanye facebook Anda akan berjalan 24/7, menjangkau audience di luar waktu atau hari kerja ?.
Pastinya ada waktu atau hari yang memiliki audience yang sangat ramai. Agar jadwal iklan optimal maka Anda dapat menyesuaikan dengan produk yang akan Anda iklan kan.

Untuk melihat kontribusi hari kerja yang paling banyak konversi pada BPA terendah, buka laporan Manajer Iklan Facebook Anda dan gunakan menu dropdown untuk mensortir kampanye Anda perhari.

Cara Optimasi Facebook Ads Agar tidak Boncos

Anda dapat menggunakan data kinerja dari beberapa kampanye Facebook untuk menemukan waktu terbaik untuk beriklan.

Selanjutnya, Anda dapat menetapkan kampanye pada jadwal khusus, sehingga Anda hanya menjangkau prospek pada saat itu dengan potensi tertinggi.

Alasan lain untuk mempertahankan kampanye iklan Anda pada jadwal khusus adalah untuk mengurangi Frekuensi Iklan – orang akan lebih jarang melihat iklan Anda, dan tidak akan cepat bosan dengannya.

#4 Optimasi Tujuan Iklan

Facebook memberikan 3 jenis kategori dalam beriklan, yaitu 1) Awareness2) Consideration, dan 3) Conversion. Anda dapat menemukan kategori ini saat awal melakukan settings campaign.

Anda harus menentukan tujuan iklan dengan baik, agar faceboook dapat memaksimalkan traffic dengan tujuan yang Anda pilih. Selain itu perhatikan juga metrik ynag ingin Anda raih. Berikut ini beberapa metrik yang digunakan untuk A/B testing iklan :

  • Total impresi (semakin banyak impresi, iklan semakin bagus)
  • Cost per click (semakin kecil cpc, iklan semakin menyenangkan)
  • Click through rate (semakin besar CTR, anda semakin bangga)
  • Cost per 1k impresi (semakin kecil, semakin indah)

Sedangkan bila tujuan iklan Anda untuk ROI (return on investment), maka bisa memilih metrik berikut :

  • Cost per Conversion
  • Conversion Rate
  • Click to Conversion Rate

Namun jika Anda masih ragu dalam menentuan tujuan, maka bisa memasang 2 campaign sekaligus. Pertama untuk tujuan testing dan kedua ROI. Analisis hasilnya dan gunakan iklan tersebut.

#5 Hindari Keseringan Rotasi Iklan

Seperti yang Anda ketahui, facebook membutuhkan waktu untuk menentukan demografi iklan Anda dengan tepat. Lakukan analisis tentang bagaimana frekuensi iklan akan memengaruhi tingkat klik per tayang, biaya per klik, dan biaya per konversi kampanye iklan Facebook. Semakin banyak orang melihat iklan Anda, semakin bosan mereka akan.

Cara Optimasi Facebook Ads Agar tidak Boncos

Ini berarti bahwa setelah audiens target Anda melihat iklan Facebook Anda empat kali atau lebih, biaya per klik akan meningkat secara signifikan.

Memang menggunakan iklan yang berbeda akan baik, supaya audience tidak bosan. Namun akan menjadi buruk bila yang Anda rotasi iklan yang sama.

Lalu bagaimana tips agar iklan selalu maksimal ?

  • Buat beberapa variasi iklan dengan berbagai desain iklan Facebook
  • Siapkan kampanye iklan dengan beberapa set iklan dengan iklan yang berbeda dan jadwalkan setiap set iklan untuk aktif pada hari kerja yang berbeda

Dengan cara tersebut sebenarnya Anda sudah melakukan rotasi iklan, namun tidak dengan konten iklan yang sama. Sehingga audience Anda tidak akan bosan.

#6 Optimalkan Penempatan Iklan

Saat beriklan di Facebook, penempatan iklan Anda memiliki dampak besar pada biaya iklan. Untuk mengetahui penepatan iklan dengan kinerja yang baik, Anda dapat masuk ke Pengelola Iklan Facebook dan gunakan menu dropdown untuk memilih kampanye Anda berdasarkan Penempatan (placement).

Cara Optimasi Facebook Ads Agar tidak Boncos

Setelah Anda menemukan penempatan iklan dengan kinerja terbaik, teruskan dan optimalkan kampanye Anda sesuai:

  • Tingkatkan tawaran Anda di penempatan iklan berkinerja terbaik
  • Jika penempatan iklan berkinerja di bawah semua harapan, hapus saja dari rangkaian iklan Anda

#6 Optimasi Bidding

Facebook memberikan 2 pilihan dalam bidding, yaitu Automatic Bidding atau Manual Bidding. Akan menjadi masalah bila Anda menggunakan Automatic Bidding untuk CPC, karena biaya iklan akan semakin naik. Dan bila Anda beralih ke Manual Bidding pada hari ke 2-4 maka akan membuat konversi Anda naik namun daily budget tidak terpakai secara maksimal.

Terdapat 5 cara manual bidding yang dapat Anda gunakan :

  • Mulai dengan tengah-tengah dari suggested bid, kemudian naikkan/turunkan pelan-pelan.
  • Mulai dengan bid rendah, kemudian naikkan pelan-pelan.
  • Mulai dengan bid tinggi, kemudian turunkan pelan-pelan.
  • Mulai dengan bid tinggi dan biarkan saja seperti itu.
  • Mulai dengan bid tinggi, setelah berjalan kemudian turunkan ekstrim ke sangat rendah untuk klik yang murah.

Namun bila Anda menggunakan mannual bidding, maka harus siap siap dengan budget yang besar. Karena dari beberapa referensi yang saya dapatkan, manual bidding akan maksimal bila daily budget Anda $1000/hari. Secara umum, facebook memiliki algoritma iklan seperti berikut :

  • Jika bid rendah, audience yang Anda dapatkan ‘somewhat likely to purchase’ (kayaknya sih mau beli).
  • Jika bid sesuai dengan suggested bid, audience yang Anda dapatkan ‘likely to purchase’ (kelihatan mau beli).
  • Jika bid yang tinggi (2-3x dari suggested bid), maka anda audience yang Anda dapatkan ‘most likely to purchase’ (yakin mau beli).

Memang akan sangat powerfull bila menggunakan manual bidding. Namun bila Anda belum mahir atau yakin dalam mengelola manual bidding maka sangat disarankan menggunakan Automatic Bidding yang lebih mudah.

#7 Selalu Lakukan A/B Testing

Bagaimana Anda dapat mengetahui campaign yang paling optimal bila tidak melakuykan A/B testing. Anda tidak harus melakukan pengujian semuanya.

Saat mencari ide pengujian A / B iklan Facebook , pikirkan elemen iklan mana yang dapat memiliki efek tertinggi pada rasio klik-tayang dan konversi.

Berikut ini beberapa list awal yang harus Anda uji :

  • Desain iklan
  • Salinan iklan, terutama tajuk utama
  • Penawaran nilai unik Anda
  • Penempatan iklan
  • Tombol ajakan bertindak
  • Metode penawaran
  • Tujuan kampanye

#8 Buat Beberapa Variasi Iklan

Untuk memudahkan dalam menjalankan A/B testing, maka Anda bisa dengan membuat banyak variasi iklan sekaligus.

Agar hasil percobaan Anda relevan, Anda harus mengumpulkan setidaknya 100 konversi (yaitu klik atau prospek) per variasi sebelum membuat kesimpulan. Lebih baik lagi jika Anda bisa menunggu hingga Anda memiliki 300 atau 500 konversi per variasi.

Untuk menemukan elemen iklan baru yang lebih cepat, gunakan rumus berikut:

  1. Pertama, uji 2-3 variasi yang sangat berbeda untuk mengetahui tema umum mana yang paling berhasil.
  2. Ambil iklan yang menang dari tes pertama dan perluas variasinya dalam tes A / B Facebook berikutnya.

Dengan cara ini, Anda menghemat waktu dan sumber daya yang Anda habiskan untuk menguji beberapa variasi dari semua ide awal Anda.

#9 Buat Optimasi Otomatis

Sebenarnya facebook sendiri sudah menyediakan pengaturan optimasi otomatis. Fitur ini gratis bagi siapa saja yang beriklan di facebook. Terdapat ketentuan yang harus dipenuhi agar optimasi otomatis ini bekerja.

  • Matikan kampanye, set iklan, atau iklan Anda
  • Kirim pemberitahuan ke pengelola iklan (ad manager)
  • Sesuaikan anggaran (increase/decrease daily/lifetime budget by…)
  • Sesuaikan penawaran manual (increase/decrease bid by…)

Setelah semua terpenuhi, maka Facebook mengoptimalkan iklan Anda secara otomatis berdasarkan aturan yang Anda tentukan. Sementara itu Anda dapat mengalihkan fokus untuk melakukan brainstorming ide kampanye baru.

Cara Settings Optimasi Otomatis

  1. Buka Pengelola Iklan Facebook
  2. Pilih satu atau beberapa kampanye / set / iklan iklan
  3. Klik ikon “Edit” di menu sebelah kanan
  4. Klik tombol “Buat Aturan” (Create Rule)
    Cara Optimasi Facebook Ads Agar tidak Boncos
  5. Atur kondisi aturan otomatis Anda
    Cara Optimasi Facebook Ads Agar tidak Boncos

Saya menyarankan agar Anda juga mengatur pemberitahuan email untuk menerima ikhtisar perubahan 24jam terakhir kampanye Anda .

Optimasi Facebook Ads adalah proses coba-coba yang berkelanjutan. Meskipun ini bukan proses yang mudah, itu akan menghemat banyak waktu dan sumber daya dalam jangka panjang.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Turn Off AdsBlock

Please turn off your AdsBlock