Bisnis

Strategi Sukses Teknik Funneling untuk Meningkatkan Penjualan

Teknik Sales Funneling adalah cara untuk memecah perjalanan pelanggan mulai dari tahap “kesadaran” (ketika mereka pertama kali belajar tentang bisnis Anda) ke tahap “pembelian” (ketika mereka siap membeli produk atau layanan Anda).

Seringkali teknik funneling juga dapat mencakup tindak lanjut paska pembelian yang meningkatkan retensi serta lintas dan penjualan atas.

Sama seperti namanya, sales funneling atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti “ corong penjualan”. Hal tersebut dikarenakan modelnya berbentuk corong yang lebar di bagian atas sedangkan yang tersempit di bagian bawah. Setiap tahap funneling mendorong prospek Anda yang paling berkualitas ke tahap berikutnya dan menjatuhkan mereka yang tidak cocok untuk penawaran Anda.

Strategi Sukses Teknik Funneling untuk Meningkatkan Penjualan

Sales Funneling terhubung langsung ke fase perjalanan pelanggan yang dibagi kedalam beberapa tahapan.

Tahapan Teknik Funneling

Lead (atau, Suspect)

Lead atau suspect adalah seseorang yang belum Anda ajak bicara. Tetapi jika suatu petunjuk tampak serupa di profil dengan pelanggan target Anda, Anda dapat memutuskan bahwa mereka layak dikejar. Lacak sumber lead Anda yang paling banyak menghasilkan (yaitu, lead yang menjadi pelanggan).

Prospect

Seorang prospek telah mengkonfirmasi minat dalam penawaran Anda. Anda telah melakukan percakapan, memberikan orang itu informasi tentang apa yang Anda lakukan, dan Anda berdua telah setuju untuk langkah selanjutnya dalam proses penjualan.

Qualified Prospect

Kualifikasi adalah tahap paling kritis dan paling menuntut dari sales funneling ini. Dalam proses kualifikasi, Anda memverifikasi bahwa prospek memiliki kebutuhan untuk produk Anda, bahwa prospek melihat nilai dalam penawaran Anda, bahwa ada anggaran yang cukup untuk kesepakatan, bahwa Anda memiliki akses ke pembuat keputusan, dan bahwa ada waktu yang disepakati untuk proses penjualan.

Committed

Idealnya, Anda ingin menutup kesepakatan ketika semua bendera merah telah ditangani. Pada kenyataannya, sebagian besar kesepakatan ditutup sementara bendera merah kritis masih ada. Pada titik ini, Anda telah memberikan proposal kepada pelanggan yang menguraikan persyaratan kontrak utama. Ketika seorang pelanggan telah setuju untuk bergerak maju dengan suatu kesepakatan, mereka “berkomitmen”. Yang tersisa adalah mengerjakan rincian kontrak, pengiriman dan pembayaran, yang semuanya berpotensi untuk “membatalkan” komitmen. Komitmen dapat ditawarkan bergantung pada persyaratan tertentu yang dipenuhi.

Transacted

Suatu penjualan telah terjadi ketika suatu kontrak ditandatangani oleh kedua belah pihak. Dari sudut pandang tenaga penjual, pemenuhan kontrak adalah tanggung jawab dari bagian lain dari organisasi, dan tenaga penjual sekarang dapat fokus pada kesempatan berikutnya.

Strategi Sukses Teknik Funneling

Meskipun Anda telah memahami rahasia sukses sebagai bisnis melalui sales funneling, sekarang saatnya Anda meningkatkan sales funneling Anda untuk pengembalian yang lebih tinggi dan keuntungan yang lebih besar:

Menarik pengunjung melalui beberapa saluran

Dari banyak opsi, terlibat dalam pemasaran SEO, iklan Pay Per Click (PPC), pemasaran afiliasi, dan pemasaran email menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan sales funneling Anda.

Pertahankan keberadaan online yang aktif

Dunia online memiliki tren yang berubah dengan cepat yang harus Anda ikuti untuk menjadi bisnis yang sukses. Saat ini, tren pemasaran konten cukup populer. Jadi pastikan untuk mempertahankan keberadaan online yang kuat dan aktif dengan memposting konten reguler untuk menghasilkan lalu lintas ke situs web Anda.

Melayani Pertanyaan

Menerima pertanyaan tentang produk atau layanan Anda adalah tanda untuk bisnis Anda; itu berarti Anda sedang dipertimbangkan oleh pelanggan potensial Anda. Jika Anda menerima pertanyaan tentang hal itu, selalu pastikan untuk menawarkan jawaban yang terperinci, bermanfaat, dan bijaksana untuk membantu mereka.

Menjadi Bagian Berharga dari Industri Anda

Bahkan di dunia yang sangat digital sekarang ini, pemasaran offline dapat berhasil jika digunakan dan dijalankan dengan cara yang benar. Untuk meningkatkan saluran penjualan Anda, jadilah bagian yang berharga dari industri tempat Anda beroperasi melalui keahlian. Anda dapat melakukannya dengan mengadakan seminar dan sesi yang memungkinkan Anda untuk terlibat dengan pelanggan dan bisnis lain, membimbing mereka, dan memberi mereka informasi yang berguna untuk kehidupan pribadi atau profesional mereka.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Back to top button
Close

Turn Off AdsBlock

Please turn off your AdsBlock