Bisnis

Cara Import Barang dari China Ke Indonesia

Cara Import Barang dari China Ke Indonesia – Produk dari china sudah terkenal sangat murah. Sehingga tidak heran banyak orang yang mendatangkan produk dari china kemudian dijual kembali di indonesia dengan harga yang mahal. Meski demikian, Anda dapat saja mendapatkan kerugian bila tidak tahu teknik import yang benar.

Salah satu supplier barang import murah di china adalah alibaba, 16688.com dan masih banyak lagi. Dengan harga yang sangat terjangkau, membuat barang china dapat dimiliki oleh siapa saja. Peluang usaha impor barang dari china ini masih sangat terbuka lebar, khususnya di indonesia. Mengapa ?. Karena mayoritas ekonomi orang indonesia menengah kebawah, sehingga barang dari china sangat mudah untuk dijangkau.

Yuk Ikut Mentoring Cara Import Barang Dari China Dengan Mudah

Terdapat hal-hal penting yang harus Anda ketahui sebelum memulai melakukan import barang dari china. Khususnya bagi Anda yang ingin jualan barang china di indonesia. Secara umum mungkin Anda harus mencari distributor barang china termurah agar mendapatkan profit yang besar.

Namun ada hal lain yang perlu Anda ketahui yaitu tentang prosedur dan aturan melakukan import barang dari luar negeri ke indonesia. Permasalahan yang sering terjadi dalam melakukan import adalah jenis barang dan jumlah yang masuk ke dalam negeri.

Pastikan Jenis Produk dan Barang

Ketahui kodifikasi jenis barang yang akan Anda import di Buku Tarif Kepabeanan indonesia (BTKI) yang terbaru. Kodifikasi ini disebut dengan HS Code (Kode Harmonized System). Cara menentukan HS code dapat melakukan 3 hal berikut :

  • Hitung tarif bea masuk dengan menjumlah PPH dan PPN jenis barang import tersebut
  • Jauhi semua hal yang berpotensi menjadi masalah pada saat pengambilan barang import di kantor Bea dan Cukai
  • Segala urusan perijinan import barang seharusnya diurus sebelum import barang dilakukan

Urus Izin Import

Terdapat 2 jenis perizinan import, yaitu perizinan pokok dan perijinan khusus. Berikut yang mencakup kedalam perizinan pokok :

  • Keabsahan perusahaan, contohnya PT atau CV.
  • Angka Pengenal Impor (API) contohnya API-P atau API-U
  • Nomor Induk Kepabeanan (NIK)

Sedangkan untuk perizinan khusus contohnya Anda importir buah-buahan. Maka harus memiliki izin IP Hortikultura atau disebut juga dengan Importir Produsen.

Menentukan Sistem Transaksi

Menentukan jenis sistem transaksi merupakan hal terpenting dalam melakukan ekspor import. Pastikan dahulu pihak penjual atau supplier luar negeri tersebut mengenai pokok pembayaran yang mesti anda lakukan.

Jenis transaksi yang paling umum dilakukan adalah sebagai berikut FOB (Free on Board), CIF (Cost Insurance and Freight), FAS (Free Alongside Ship), DDP (Delivered Duty Paid), CRF (Cost of Freight) dan lainnya.

Tentukan Logistic Barang Import (Freight Forwarder)

Jika barang yang akan di import memiliki jumlah yang besar, biasanya akan ditentukan oleh importir. Dan cocoknya ialah menggunakan jalur laut, yaitu kapal kargo. Namun  jika import yang Anda lakukan dalam jumlah yang sedikit, sebaiknya melalui udara agar lebih cepat sampai.

Asuransi Barang

Menggunakan asurasi dalam export import sangat disarankan. Namun tidak semua barang harus di asuransikan. Khusus barang mewah atau mahal, maka sangat disarankan menggunakan asurasi.

Cara terbaik agar cepat mendapatkan informasi cara import barang dari china adalah dengan bergabung dengan komunitas importir barang china maupun belajar dari yang mahir.

Bagaimana caranya, Anda dapat bergabung di komunitas import barang china melalui link dibawah ini.

Join Komunitas Sekarang !

Demikianlah artikel Cara Import Barang dari China Ke Indonesia. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi importir barang dari china namun belum tau caranya. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat dan membantu Anda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Turn Off AdsBlock

Please turn off your AdsBlock