Bisnis

7 Elemen Penting CopyWriting Agar Cepat Closing

7 Elemen Penting CopyWriting Agar Cepat Closing – Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan kata copywriting. Apalagi bila Anda seorang advertiser atau melakukan iklan tentu banyak sedikitnya menggunakan ilmu copywriting untuk mendapatkan minat dari konsumen.

Secara umum, copywriting adalah tindakan penulisan teks yang bertujuan untuk iklan atau bentuk lain dari pemasaran. Produk atau copy adalah konten yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran pada merek. Dan pada akhirnya dapat membujuk seseorang atau kelompok untuk melakukan tindakan tertentu.

Membuat copywriting atau bahasa iklan tidak dapat sembarangan, Anda harus memperhatikan berbagai aspek agar dapat menarik konsumen. Bahasa copywriting untuk konsumen yang belum mengenal (cold consumen) produk, bisnis atau jasa Anda tentu akan berbeda dengan konsumen yang sudah mengenal dan menggunakan brand Anda.

Terkait dengan cara pembuatan copywriting akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Pada kali ini kita akan membahas elemen-elemen penting dalam copywriting. Dengan melengkapi elemen-elemen copywriting, maka akan membuat iklan lebih enak dibaca serta menghasilkan banyak closing.

Memang elemen-elemen dibawah ini tidak harus Anda gunakan semuanya. Namun untuk headline tidak dapat Anda tinggalkan. Sepertinya tidak akan ada copywrtiting tanpa adanya headline yang menarik. Sebab dapat dipastikan semua target konsumen akan melihat dan membaca headline terlebih dahulu. Bila headlinenya menarik, maka ia semakin penasaran isi dari iklan tersebut.

7 Elemen Penting Dalam CopyWriting

Nah, apa saja elemen penting dari copywriting tersebut, berikut :

#1 Headline

Seperti yang kita bahas sedikit diatas tadi, Headline merupakan elemen yang paling penting dalam sebuah iklan. Bahkan banyak orang yang memutuskan untuk menggunakan jasa atau produk Anda hanya karena membaca sebuah headline tanpa membaca iklan hingga selesai.

Artinya bahwa headline faktor terpenting utama untuk membuat pembaca tertarik. Jadi ketika Anda membuat headline, Anda harus memikirkan kalimat yang menarik serta membuat orang penasaran.

Jika headline biasa-biasa saja, maka bisa dipastikan iklan tidak akan dibaca. Tentunya Anda sudah tahu akibatnya jika iklan sedikit yang membaca, jumlah closing akan menurun bahkan tidak ada. Inilah mengapa para advertiser lebih membutuhkan waktu yang lama dalam membuat sebuah headline dibanding dengan membuat isi dari copywritingnya.

Kegagalan copywriting dimulai dari kegagalan dalam merancang headline yang menarik

Pikirkan dengan matang-matang headline sebelum menulis copywriting, bahkan mempublish iklan Anda.

#2 Pengantar dan Pengenalan

Banyak orang yang mengabaikan pengantar atau pengenalan, setelah headline langsung memberikan penawaran produk. Hal ini tentu akan membuat orang bosan dan merasa untuk dijualin. Padahal menurut survey, 80% orang tidak suka dijualin.

Mungkin ada beberapa yang berhasil menggunakan cara tersebut, namun hanya sebagian kecil saja. Jadi sebaiknya buatlah copywriting yang lebih baik dengan menambahkan pengantar seperti sebuah cerita, fakta-fakta, hasil riset, sapaan dan lainnya. Yang terpenting jangan langsung menawarkan produk secara gamblang.

Buatlah pembaca untuk lebih mengenal Anda serta membuat pembaca larut dan terhipnotis tulisan Anda tersebut. Jika pendekatan terjadi, maka alam bawah dasar pembaca akan dengan mudah mengikuti apa yang akan Anda katakan selanjutnya.

#3 Manfaat atau Solusi yang Anda Tawarkan

Setelah Anda berhasil membuat pendekatan, maka selanjutnya Anda dapat memulai untuk memperkenalkan produk. Jelaskan manfaat ataupun solusi mengenai produk Anda tersebut. Untuk lebih baiknya dalam bentuk poin-poin agar lebih mudah untuk dipahami. Namun bisa juga Anda buat dalam bentuk paragraf.

INGAT !. Pada bagian ini bukan menceritakan fitur produk, melainkan manfaat atau solusi yang ditawarkan dari hadirnya produk Anda. Orang tidak akan peduli dengan fitur-fitur dari produk Anda.

Produk Anda Bisa Apa ?

Tambahkan juga perbandingan atau perbedaan produk Anda dengan kompetitor agar lebih meyakinkan calon pelanggan. Tonjolkan hal-hal yang uniknya. Tapi ingat, cukup ceritakan kelebihan produk Anda tanpa perlu menjelekan orang lain

#4 Penawaran Menarik

Setelah calon pelanggan semakin tertarik, maka saatnya Anda membuat penawaran yang sangat menarik. Pada bagian penawaran ini pada umumnya yang menyebabkan klien tergerak untuk melakukan pembelian.

Penawaran dapat berupa Bonus Spesial, Potongan Harga dan lainnya. Tahukah Anda !, terkadang orang membeli sebuah produk bukan karena butuh, melainkan karena tertarik dengan Bonus atau Diskon yang Anda tawarkan.

Tidak bisa di pungkiri, bahwa ketika kita bisa mendapatkan sesuatu dengan harga yang jauh lebih hemat, itu adalah sebuah kesenangan tersendiri. Jika memberikan sebuah bonus, sebaiknya yang masih berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Jika ptongan harga bisa dengan menggunakan harga coret, yang seolah-olah harga tersebut lebih hemat dan murah. Bila Anda dapat ke mal seperti matahari atau ramayana, pasti Anda sudah mengetahui harga yang ditawarkan lebih murah dari harga coret tersebut. Namun tetap saja Anda menjadi sangat tertarik dengan adanya porongan yang ditawarkan.

Mungkin Anda tidak dapat memberikan potongan atau diskon besar, namun Anda masih dapat menggunakan senjata yaitu solusi. Tonjolkan secara gamblang solusi yang Anda tawarkan. Untuk solusi sendiri harus Anda sandingkan dengan kesakitan atau ketakutan yang mereka alami.

Jika Anda dapat menyentuh frutasi atau ketakutan terbesar pembaca copywriting, maka tanpa penawaran tambahan pun, copywriting Anda akan menghasilkan penjualan.

#5 Alasan untuk Membeli

Setelah Anda berhasil membuat penawaran, manfaat dan lainnya dengan bagus.  Jangan lupa untuk memberikan alasan yang kuat kenapa produk Anda harus di beli tanpa menunda. Sehingga, copywriting Anda menjadi lebih bertenaga.

Terkadang ada pembaca yang masih ragu setelah melewati penawaran yang menarik. Sehingga Anda harus dapat meyakinnya supaya tidak ragu untuk segera membeli.

Meyakinkannya dengan apa ?

  • Testimoni Positif
    Orang akan lebih percaya dengan apa kata pengguna atau pelanggan dibandingkan dengan penjualnya.
  • Garansi
    Untuk mengurangi rasa keraguan dari pembaca, maka berikan garansi agar mereka merasa lebih aman. Pelanggan baru dan mengeluarkan jumlah uang tidak sedikit akan semakin ragu.
  • Limit Offer (Terbatas)
    Batasan pembelian ini sangat berguna sekali agar calon pelanggan dapat segera melakukan action. Karena bila tanpa batasan akan membuat calon pelanggan menunda untuk action. Anda dapat memberikan batasan promo, bonus dan lainnya.

#6 Call To Action

Call To Action sering dikenal dengan sebutan CTA. Fungsi dari CTA adalah untuk mengarahkan calon pelanggan melakukan sesuatu setelah membaca copywriting Anda. Tanpa Call To Action tentu calon pelanggan juga akan bingung bila tertarik.

Call To Action dapat berupa klik tombol hubungi, tombol pembelian dan lainnya. Jadi disesuaikan dengan konten copywriting yang Anda buat.

#7 Note Bene

Note Bene atau sering disebut dengan NB atau catatan yang di tulis di bagian terbawah pesan. Fungsi dari NB adlah untuk semakin meyakinkan pembaca agar mengambil keputusan. Perjelas batasan-batasan, agar semakin memperkuat alasan kenapa calon pelanggan Anda harus action sekarang tanpa di tunda.

Nah itulah elemen-elemen penting yang harus Anda perhatikan dalam membuat copywriting. Meskipun Anda masih dapat menambah elemen lain, namun yang utama perlu Anda perhatikan 7 elemen diatas.

Demikianlah 7 Elemen Penting CopyWriting Agar Cepat Closing. Semoga dapat membantu Anda dalam menulis sebuah konten copywriting yang menarik sehingga dapat meningkatkan jumlah closing maupun branding.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Turn Off AdsBlock

Please turn off your AdsBlock